MBKM STIE Indragiri: Mahasiswa KKN-T Desa Binaan Promosikan Produk UMKM Desa Sungai Baung

MBKM STIE Indragiri: Mahasiswa KKN-T Desa Binaan Promosikan Produk UMKM Desa Sungai Baung

Rengat, 02/06/2022 (STIE Indragiri)

Selepas dibukanya perhelatan Musabaqoh Tilawatul Qur’an (MTQ) ke-51 Tingkat Kabupaten di Kec. Sei Lala, 1 Juni 2022, Pukul 20.00 WIB, maka berlangsunglah berbagai perlombaan yang biasa digelar pada setiap even MTQ tahunan tersebut, termasuk pembukaan Bazar dan Stan Pameran dari setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Indragiri Hulu.

Pada acara tersebut tidak ketinggalan debut Mahasiswa STIE Indragiri yang tergabung dalam Program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Desa Binaan untuk Desa Sungai Baung, yang turut mempromosikan Produk Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM) yang berasal dari Desa Sungai Baung.

Kegiatan promosi tersebut merupakan salah satu dari ‘Enam Tema’ dalam Program MBKM KKN-T Desa Binaan, yakni Program Pengembangan Kewirausahaan dan UKM di Desa. Tujuannya adalah “mempersiapkan keahlian mahasiswa dalam partisipasi pembangunan desa dan daerah secara berkelanjutan,” ungkap Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) nya, Kurnia Dewi, S.E.,M.M., Walmi Sholihat, S.E.,M.Ak., dan Hermanto, S.E.,M.M.

Aktivitas mahasiswa KKN-T Desa Binaan mendapat dukungan dan applaus dari masyarakat dan Pemerintah Desa/Kecataman, karena dirasa ikut membantu dalam mengembangkan produk UKM disana. “Program ini sangat mendukung bagi pengenalan produk UMKM masyarakat desa secara luas, dan perlu diapresiasi agar terwujud pembangunan ekonomi mayarakat desa secara merata.” Ujar Camat Rengat Barat H. Hendry, S.Sos.,M.Si.

Terbilang, mulai dari produksi, pengemasan produk, pencanangan pemasaran produk secara digital, sampai pada tahap pengelolaan kas keluar/masuk keuangan secara manual dan digital, akan dilaksanakan secara bertahap oleh Mahasiswa KKN-T Desa Binaan. Oleh karena itu, harapan Kepala Desa Sungai Baung, Muzakir adalah “semoga dengan adanya kegiatan promosi yang ditaja oleh Mahasiswa STIE Indragiri ini, dapat menambah dan memperluas jaringan pemasaran produk UKM Desa Sungai Baung ke depannya.”


Blogspot Mr. Quixter: situs tutorial hacking terbaik 2022

Sehingga dapat disampaikan bahwa Program MBKM KKN-T Desa Binaan Desa Sungai Baung, yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STIE Indragiri, meskipun baru perdana akan tetapi sudah berjalan dengan baik dan lancar serta bermanfaat bagi masyarakat luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *