UKM-EC ITB Indragiri Buka Lapak Dagangan Hasil Produksi dan Kreativitas Sendiri di Arena MTQ Tingkat Provinsi Riau Ke-41 di Kabupaten Indragiri Hulu

Rengat, 12-11-2023

Pelaksanaan Musabaqah Tilawatul Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Riau Ke-41 di Kabupaten Indragiri Hulu yang tempatkan di Tepian Taman Wisata Danau Raja di Kecamatan Rengat, diikuti oleh utusan kafilah dari 12 Kabupaten/Kota di Provinsi Riau. MTQ ke-41 ini menjadi ajang silaturrahmi dan pemersatu unsur masyarakat 12 Pemerintahan Kabupaten/Kota di Provinsi Riau, sehingga menarik minat masyarakat setempat untuk ikut menyaksikan dan meramaikan acara tersebut. Dengan adanya acara ini, membuka peluang pasar bagi para pedagang tempatan dan luar daerah untuk berjualan di seputaran arena MTQ.

Tidak pula ketinggalan Unit Kegiatan Mahasiswa Entrepreneurship Club (UKM-EC) Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Indragiri di bawah binaan Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kerjasama, dan Pengembangan Institusi, Ziko Fransinatra, S.S.,M.M, dan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Gerhana Adjie, S.E.,M.M, juga menangkap peluang tersebut dan membuka lapak dagangan tepat di samping Stand Pameran ITB Indragiri. Adapun barang dagangan UKM-EC ITB Indragiri yaitu minuman cepat saji (teh hijau) dan makanan ringan kemasan (keripik bawang aneka rasa, stick royco, kue cincin), itu semua merupakan hasil produksi dan kreativitas Mahasiswa anggota UKM-EC ITB Indragiri sendiri.

Meskipun barang dagangannya relatif tebatas, namun terlihat laku keras. Artinya, Mahasiswa UKM-EC ITB Indragiri sudah menunjukkan minat berwirausaha yang baik dan mandiri, sebagai bagian dari mempraktikkan ilmu dan pengetahuan wirausaha yang mereka dapatkan di bangku perkuliahan di Kampus ITB Indragiri.

Selain UKM-EC ITB Indragiri, Program Studi S1 Agribisnis juga menampilkan produk sayur-sayuran (selada dan pokcoy) dan buah-buahan (melon) hidroponik beserta instalasi perpipaan wadah tanaman hidroponik, dimana kedua jenis produk tersebut juga dijual ke masyarakat luas.

Terkait hal ini, S1 Agribisnis juga membuka hotline pemesanan pembuatan instalasi perpipaan wadah tanaman hidroponik sekaligus sebagai konsultannya bagi masyarakat yang berminat untuk membudidayakan tanaman hidoponik tersebut. Ini merupakan terobosan terbaru yang diusung oleh Prodi S1 Agribisnis, dimana lulusannya nanti siap menjadi agrientrepreneur (wirausahawan produk agribisnis) yang handal.

Ayo Kuliah di ITB Indragiri

ITB Indragiri siap menjadi Kampus terbaik di Provinsi Riau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *