STIE Indragiri

PERAN MAHASISWA STIE INDRAGIRI DALAM PENCEGAHAN COVID-19

Sejak masuknya virus Covid-19 di Indonesia, pemerintah pusat maupun daerah terus berupaya mencegah penyebaran virus semakin meluas. Pencegahan merukan hal yang sangat penting mengingat virus Covid-19 termasuk virus yang sangat berbahaya karena dapat menyebakan kematian serta virus ini mudah ditularkan. Sampai saat ini negara di seluruh dunia, pihak swasta sampai perguruan tinggi terus berupaya menemukan vaksin yang dapat membunuh virus Covid-19. 

Dalam rangka mengantisipasi serta memotong rantai penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Indragiri Hulu, maka mahasiswa STIE Indragiri selalu berkoordinasi dan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah, Kodim 0302, Polres serta instansi terkait. Adapun partisipasi atau kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa STIE Indragiri adalah melaksanakan penyemprotan desinfektan di tempat ibadah, pasar, perguruan tinggi serta tempat umum lainnya, melaksanakan sosialisasi tentang bahayanya virus Covid-19 serta langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh masyarakat agar tidak terkena virus Covid-19, berpartisipasi dalam pengumpulan donasi, pembagian masker dan menyalurkan sembako kepada masyarakat yang terdampak atau masyarakat yang membutuhkan serta mengikuti rapat Forkompida koordinasi Covid-19  dan penanganan karhutla yang ditaja oleh Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu.

Hj. Ivalaina Astarina, SE.MM selaku Ketua STIE Indragiri memberikan apresiasi terhadap inisiatif dan kepedulian mahasiswa untuk dapat berperan serta dalam penanganan virus Covid-19 tersebut. Beliau berpesan untuk terus membantu masyarakat sesuai dengan kemampuan dengan tetap menjaga kesehatan dan mahasiswa yang terlibat agar selalu berkoordinasi dengan Kampus, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Indragiri Hulu serta pihak-pihak terkait lainnya.  Semoga virus Covid-19 segera dapat diatasi sehinggasemua kembali dapat menjalankan aktivitas seperti biasa ujarnya. (Agus & Angga)

 




C:\Users\ASUS\Downloads\WhatsApp Image 2020-05-11 at 13.53.22.jpeg


KKN PPM STIE-I RENGAT Tahun 2020

 

Mahasiswa STIE Indargiri pada semester 6 (enam) yang berjumlah 387 orang akan melaksanakan KKN-PPM selama 2 (dua) bulan. KKN-PPM STIE Indargiri tahun ini dilaksanakan di 36 Desa, tersebar pada 20 Kecamatan yang berada di 4 Kabupaten yaitu Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Pelalawan serta Kabupaten Kuantan Singgingi.

Sebelum pelaksanaaan kegiatan KKN PPM, mahasiswa mengikuti berbagai kegiatan yaitu pada tanggal (5-6/2), mahasiswa perwakilan setiap kelompok diberikan pelatihan tentang pembuatan video dokumentasi kegiatan KKN-PPM. Pada tanggal (7/2), mahasiswa dibekali tentang konsepsi KKN-PPM dan etika kelompok, dinamika kelompok dan kepemimpinan serta mekanisme pelaksanaan tata cara pembuatan laporan. Selanjutnya pada tanggal (8/2), mahasiswa diberikan pembekalan yang narasumbernya dari instansi pemerintah yaitu 1) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Indragiri Hulu dengan tema ”pemberdayaan masyarakat desa dibidang home industry kreatif”. 2) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Indragiri Hulu dengan tema ”program pengembangan produk unggulan kawasan pedesaan”. 3) Dinas Koperasi Dan UKM Kabupaten Indragiri Hulu ”pemberdayaan ekonomi masyarakat pedesaan melalui koperasi.

Pelepasan mahasiswa KKN-PPM STIE Indargiri diadakan pada pada Rabu (12/2/2020) pagi di depan Gedung Baru STIE Indargiri. Turut hadir Bupati Indragiri Hulu yang dalam hal ini diwakili oleh Direktur RSUD Indrasari Rengat Dra Sri Darmayanti yang secara resmi melepas mahasiswa STIE Indragiri untuk Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN - PPM) Angkatan XIII Tahun Akademik 2019/2020.

Ketua Yayasan Pendidikan Indragiri Ir Hendri A Saleh MA menyampaikan mahasiswa yang mengikuti KKN ke desa ini diharapkan mampu menyampaikan potensi Inhu dan mempromosikan kemajuan kemajuan di Inhu.

Ketua STIE Indragiri, Hj. Ivalaina Astarina, S.E, M.M Menyampaikan dalam sambutannya bahwa STIE Indragiri menempatkan mahasiswa KKN sampai ke tiga Kabupaten tetangga dalam rangka promosi kampus STIE Indragiri. Hal ini juga menjadi salah satu perwujudan visi misi STIE Indragiri untuk menjadi kampus ekonomi terbaik di Riau dengan berbasis teknologi informasi. Selain itu diminta agar semua mahasiswa peserta KKN-PPM STIE Indragiri mampu menjaga nama baik pribadi, keluarga serta nama baik STIE Indragiri di desa lokasi KKN-PPM masing – masing, karena kemajuan STIE Indragiri juga berada ditangan kalian semua. STIE JAYA !”  Ujar beliau mengakhiri sambutannya. 

Direktur Rumah Sakit Daerah Indrasari Rengat drg. Sri Dharmayanti dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan KKN-PPM ini diharapkan mampu mendorong empati mahasiswa dan mahasiswi terhadap kondisi sosial masyarakat, sekaligus memberikan sumbangsih bagi penyelesaian persoalan yang ada dilingkungan masyarakat, sehingga masyarakat dapat belajar dari mahasiswa dan sebaliknya mahasiswa akan banyak memperoleh pengetahuan dan pembelajaran dari masyarakat. 

Pelaksanaan pelepasan KKN-PPM Angkatan XIII tahun 2020 juga ditandai dengan jalainan kerjasama antara STIE Indragiri dengan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Indragiri Hulu, yang ditandai dengan penandatanganan MoU oleh keduabelah pihak. (Agus & Angga)

 

UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL TA. 2019/2020


Pelaksanaan Ujian Akhir Semester Ganjil TA. 2019/2020 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri Rengat dimulai pada hari Senin dan berlangsung selama 6 (enam) hari, dimulai dari tanggal 27 januari hingga 01 februari 2020.

UTS dilaksanakan untuk mengetahui hasil terhadap proses perkuliahan yang dilakukan setiap mahasiswa serta menilai efektifitas proses perkuliahan yang telah dilaksanakan. Seluruh mahasiswa peserta ujian wajib mengikuti tata tertib ujian dan membawa kelengkapan Ujian Akhir Semester Ganjil TA. 2019/2020 seperti Kartu Ujian dan Kartu Rencana Studi (KRS). 

Ketua STIE-I Rengat, Hj. Ivalaina Astarina, S.E, M.M berharap pelaksanaan ujian akhir semester ganjil TA. 2019/2020 dapat berjalan lancar sampai hari terakhir pelaksanaan UAS, untuk itu Hj Ivalaina meminta kepada setiap panitia dapat menjalanka tugas sebaik-baiknya dengan disiplin dan rasa tanggung jawab yang tinggi dan mendoakan setiap peserta ujian mampu memperoleh nilai yang baik. Kepada setiap dosen pengampu mata kuliah, Hj. Ivalaina Astarina, SE.MM juga mengingatkan untuk dapat menyerahkan hasil atau nilai kepada BAAK tepat waktu.

STIE Indragiri Melaksanakan “Evaluasi Kinerja 2019 dan Penyusunan Program Kerja Unit dan Lembaga 2020”

Bertempat di ruang rapat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat, pada hari Rabu (08/01/20) telah dilaksanakan rapat kerja tentang evaluasi kinerja tahun 2019 dan pemaparan program kerja yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 oleh setiap  Unit Pelaksana Teknis dan Lembaga yang ada di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat. Rapat Kerja 2020 ini dihadiri oleh Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat serta unsur pimpinan, baik Puket I Bidang Akademik, Puket II Bidang Administrasi dan Keuangan serta Puket III Bidang Kemahasiswaan. 

Dalam arahannya, Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat, Hj. Ivalaiana Astarina, SE.MM menyampaikan bahwa evaluasi diperlukan untuk melihat sejauhmana capaian yang telah dilakukan terhadap program yang direncanakan pada tahun 2019 oleh setiap unit dan lembaga. Program kerja yang tidak terlaksana dibahas untuk dicari solusinya sehingga pada tahun ini dapat dilakukan dan setiap program kerja yang telah dibuat oleh setiap unit dan lembaga yang ada, harus sesuai dengan agenda akademik tahun 2020 dan memiliki rasa tanggung jawab, komitmen dan konsisten untuk dapat melaksanakannya. Kepada Bapak/ Ibu Dosen yang hadir, Ketua juga mengharapkan agar memberikan masukan atau saran positif dari setiap program kerja yang telah dibuat oleh unit dan lembaga. Melalui kegiatan ini, diharapkan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat menjadi perguruan tinggi yang semakin berkualitas dan terdepan serta menjadi pilihan utama bagi masyarakat Kabupaten Indragiri Hulu dan sekitarnya.

Pemaparan Program Kerja dan Evaluasi ini dilakukan oleh Pusat Penjaminan Mutu, Laboratorium dan Pengembangan IT, Hubungan Masyarakat, Program Studi Manajemen, Perpustakaan, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dan BAAK. (Agus)

FESTIVAL MUSIK SE RIAU MEMPERINGATI SEJARAH KOTA RENGAT


Dalam rangka memperingati sejarah kota Rengat 5 januari 1949, Badan Eksekutif Mahasiswa STIE Indragiri menyelenggarakan Festival Musik Se Riau dan mementaskan pagelaran Tari Kreasi tentang tragedi berdarah tersebut. Kegiatan Festival Musik Se Riau ini dilaksanakan pada tanggal 4 – 5 Januari 2020 bertempat di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kota Rengat. 

Pembukaan kegiatan dilakukan langsung oleh Bupati Indragiri Hulu Bapak H. Yopi Arianto, SE. Dalam sambutannya H. Yopi Arianto, SE mengapresiasi kegiatan yang di taja oleh BEM STIE Indragiri dan berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkisinambungan. Sementara itu Hj. Ivalaina Astarina, SE.MM selaku ketua STIE Indragiri mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu yang senantiasa memberikan perhatian kepada dunia pendidikan yang ada di Kabupaten Indragiri Hulu umumnya dan terkhusus pada STIE Indragiri. Terselenggaranya kegiatan Festival Musik Se Riau juga tidak terlepas dari arahan dan bantuan yang telah diberikan oleh Pemerintah Daerah, Sponsor, Kepanitiaan, Peserta serta seluruh pihak yang mampu saling bekerjasama sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik.

 

Selain Bupati dan Ketua STIE Indragiri, kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Yayasan Pendidikan Indragiri, Polres Indragiri Hulu, Kodim 0302 Inhu, Organisasi Perangkat Daerah, Dosen, BEM se Inhu, serta mahasiswa. Masyarakat menyambut dengan antusias kegiatan, hal ini dapat dilihat dengan banyaknya masyarakat yang hadir dan memenuhi Ruang Terbuka Hijau tempat pelaksanaan festival music se Riau.


Festival musik se Riau ini memperebutkan 8 nominasi, adapun pemenangnya adalah : 1) Juara pertama band Nada Dinadi, 2) Juara kedua band Keiube Projek, 3) Juara ketiga band Litel Jhon, 4) Band Terfavorit Ria Junior, 5) Best Player Gitar Nada Dinadi, 6) Best Player Vocal Keiube Projek, 7) Best Player Bass Keiube Projek, 8) Best Player Drummer D’ Bobal. Kegiatan penutupan dilaksanakan pada hari minggu (5/1/2020) yang langsung dilakukan oleh Hj. Ivalaina Astarina, SE.MM selaku ketua STIE Indragiri Rengat. (Agus & Angga)

 

SEMINAR HASIL HIBAH PENELITIAN 2019


Sebanyak 15 orang dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat mengikuti seminar hasil hibah Penelitian Dosen Pemula (PDP) yang diperoleh dari Kemenristekdikti. Seminar hasil Penelitian Dosen Pemula ini dilaksanakan oleh LLDIKTI Wilayah X bertempat di STIKES Hang Tuah Pekan baru pada hari Jum’at (20/12/19). Kegiatan seminar berjalan debgan baik dan lancar, dimana ke 15 orang dosen memaparkan 9 hasil penelitian yang telah dilaksanakan.

Hj Ivalaina Astarina, SE.MM selaku Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat  mengatakan bahwa Hibah Penelitian Dosen Pemula (PDP) diperoleh setelah melalui prosedur dan proses yang panjang serta adanya komitmen dan kesadaran yang tinggi dari semua pihak untuk dapat terus meningkatkan jumlah dan kualitas penelitian yang dilakukan. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat kedepannya akan terus melaksanakan workshop penelitian dengan menghadirkan para narasumber yang berkompeten sehingga wawasan dan pemahamah penelitian semakin lebih baik.

Hj. Ivalaina Astarina juga meminta setiap dosen untuk tidak cepat berpuas diri dengan apa yang telah diperoleh saat ini, terus tingkatkan capaian dari tahun ke tahun dan berharap pada tahun 2020 tidak hanya hibah penelitian saja yang akan diperoleh oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri (STIE-I) Rengat tetapi hibah pengabdian pada masyarakat juga dapat dicapai ujarnya. (Agus & Angga)

You are here: Home News and Events