STIE Indragiri

KKN PPM STIE-I RENGAT Tahun 2020

 

Mahasiswa STIE Indargiri pada semester 6 (enam) yang berjumlah 387 orang akan melaksanakan KKN-PPM selama 2 (dua) bulan. KKN-PPM STIE Indargiri tahun ini dilaksanakan di 36 Desa, tersebar pada 20 Kecamatan yang berada di 4 Kabupaten yaitu Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Pelalawan serta Kabupaten Kuantan Singgingi.

Sebelum pelaksanaaan kegiatan KKN PPM, mahasiswa mengikuti berbagai kegiatan yaitu pada tanggal (5-6/2), mahasiswa perwakilan setiap kelompok diberikan pelatihan tentang pembuatan video dokumentasi kegiatan KKN-PPM. Pada tanggal (7/2), mahasiswa dibekali tentang konsepsi KKN-PPM dan etika kelompok, dinamika kelompok dan kepemimpinan serta mekanisme pelaksanaan tata cara pembuatan laporan. Selanjutnya pada tanggal (8/2), mahasiswa diberikan pembekalan yang narasumbernya dari instansi pemerintah yaitu 1) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Indragiri Hulu dengan tema ”pemberdayaan masyarakat desa dibidang home industry kreatif”. 2) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Indragiri Hulu dengan tema ”program pengembangan produk unggulan kawasan pedesaan”. 3) Dinas Koperasi Dan UKM Kabupaten Indragiri Hulu ”pemberdayaan ekonomi masyarakat pedesaan melalui koperasi.

Pelepasan mahasiswa KKN-PPM STIE Indargiri diadakan pada pada Rabu (12/2/2020) pagi di depan Gedung Baru STIE Indargiri. Turut hadir Bupati Indragiri Hulu yang dalam hal ini diwakili oleh Direktur RSUD Indrasari Rengat Dra Sri Darmayanti yang secara resmi melepas mahasiswa STIE Indragiri untuk Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN - PPM) Angkatan XIII Tahun Akademik 2019/2020.

Ketua Yayasan Pendidikan Indragiri Ir Hendri A Saleh MA menyampaikan mahasiswa yang mengikuti KKN ke desa ini diharapkan mampu menyampaikan potensi Inhu dan mempromosikan kemajuan kemajuan di Inhu.

Ketua STIE Indragiri, Hj. Ivalaina Astarina, S.E, M.M Menyampaikan dalam sambutannya bahwa STIE Indragiri menempatkan mahasiswa KKN sampai ke tiga Kabupaten tetangga dalam rangka promosi kampus STIE Indragiri. Hal ini juga menjadi salah satu perwujudan visi misi STIE Indragiri untuk menjadi kampus ekonomi terbaik di Riau dengan berbasis teknologi informasi. Selain itu diminta agar semua mahasiswa peserta KKN-PPM STIE Indragiri mampu menjaga nama baik pribadi, keluarga serta nama baik STIE Indragiri di desa lokasi KKN-PPM masing – masing, karena kemajuan STIE Indragiri juga berada ditangan kalian semua. STIE JAYA !”  Ujar beliau mengakhiri sambutannya. 

Direktur Rumah Sakit Daerah Indrasari Rengat drg. Sri Dharmayanti dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan KKN-PPM ini diharapkan mampu mendorong empati mahasiswa dan mahasiswi terhadap kondisi sosial masyarakat, sekaligus memberikan sumbangsih bagi penyelesaian persoalan yang ada dilingkungan masyarakat, sehingga masyarakat dapat belajar dari mahasiswa dan sebaliknya mahasiswa akan banyak memperoleh pengetahuan dan pembelajaran dari masyarakat. 

Pelaksanaan pelepasan KKN-PPM Angkatan XIII tahun 2020 juga ditandai dengan jalainan kerjasama antara STIE Indragiri dengan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Indragiri Hulu, yang ditandai dengan penandatanganan MoU oleh keduabelah pihak. (Agus & Angga)

 

You are here: Home News and Events KKN PPM STIE-I RENGAT Tahun 2020